Jumat, 26 November 2010

MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB (IBD Softskill)


MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Manusia adalah mahluk ciptaan Tuhan / Allah yang tertinggi derajatnya, yang mempunyai akal untuk berpikir dan memiliki bahasa sebagai alat komunuikasi antar sesama. Sedangkan tanggung jawab adalah seseorang yang memikul atau mengambil resiko baik buruknya suatu pekerjaan yang orang itu lakukan sendiri.
Seseorang bisa dikatakan bertanggung jawab apabila ia berani mempertanggung jawabkan apa yang sudah ia perbuat. Banyak remaja sekarang yang berani mengambil resiko, tetapi kadang para remaja yang labil suka lupa jika kita sudah berani mengambil resiko berarti kita juga harus berani mempertanggung jawabkan apa yang sudah kita lakukan.
Ada dua kasus, yang pertama adalah kasus remaja yang sudah bisa mengatur mind sheet (Pola Pikir) dengan baik da nada juga remaja yang bisa kita bilang masih labil. Contohnya disalah satu keluarga ada anak kembar kita bisa bilang iya bernama Cesyi dan Cesya walaupun  mereka kembar tetapi dalam cara berfikir mereka berbeda.
Contohnya Cesya yang sudah bisa mengatur mind sheet (Pola Pikir) dia berani mengambil resiko mengikuti perlombaan cedas cermat se ibu kota, dan dia mempertanggung jawabkanya dengan belajar sungguh-sunguh agar hasilnya memuaskan. Tetapi apabila dia kalah itu akan dijadikannya sebuah ilmu dari ketidakberhasilannya agar kelak tahun depan ia bisa lebih baik lagi.
Sedangkan Cesyi yang notabennya masih labil dia mengambil resiko bolos dari sekolah, karena pada hari itu dia ulangan dan dia belum sempat belajar. Dan pada akhirnya keesokan harinya dia harus bertanggung jawab atas apa yang telah dia lakukan dengan cara dia di skorsing 2 hari agar dia bisa belajar tanggung jawab dalam menghadapi apapun meskipun dia belum siap. Dan bukannya malah melarikan diri untuk menghindari tanggung jawabnya sebagai pelajar di sebuah sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar