Jumat, 26 November 2010

Manusia dan Keadilan (IBD Softskill)

MANUSIA DAN KEADILAN

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Manusia adalah mahluk ciptaan Tuhan / Allah yang tertinggi derajatnya, yang mempunyai akaluntuk berpikir dan memiliki bahasa sebagai alat komunuikasi antarsesama.Sedangkan adil adalah tidak berat sebelah, jujur, tidak berpihak, sama rata dan keadilan itu sendiri adalah kejujuran, kelurusan, keikhlasan yang tidak berat sebelah.

Tetapi keadilan juga tidak diartikan sama rata, karena sesuatu dikatakan adil apabila sama rata dalam konteks sesuai kebutuhan. Seperti kita ambilcontoh seperti ini: ada kasus sebuah keluarga dengan memiliki anak berjumlah 3 orang, anak pertama sudah kuliah semester 1, anak kedua sudah SMA kelas 1, anak ketiga masih SMP kelas 1, apakah orang tua tersebut bisa dikatakan adil jika memberikan uang jajan perbulan kepada 3 anak itu sama yaitu Rp Rp. 300.00,- / anak bukankah itu adil karena setiap anak mempunyai uang jajan yang sama rata dan sama banyak.

Tetapi kenyataannya itu justru malah tidak adil kenapa? Karena tingkat kebutuhan anak itu berbeda-beda. Orang tua itu dapat dikatakan adil apabila anak pertama yang sudah kuliah semester 1 diberi uang jajan Rp. 500.000,- anak kedua yang sudah SMA kelas 1 diberi uang jajan Rp. 350.000,- sedangkan anak ketiga masih SMP kelas 1 diberi uang jajan Rp. 250.000,-. Itu baru bisa dikatakan adil walaupun orang tua ini tidak sama rata memberikan uang jajan kepada ketiga anaknya, tetapi tetap ini bisa dikatakan adil karena orang tua ini sudah memberikan uang jajan sesuai tingkat kebutuhannya. Karena dilihat dari umur, dan tingkat aktivitas yang masing-masing 3 anak itu jalankan atau lakukan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar