Kamis, 21 Oktober 2010

Ilmu Budaya Dasar (Softskill)

HUBUNGAN 
ILMU KEBUDAYAAN DENGAN KESUSASTRAAN

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia): Ilmu adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara sistematis. Kebudayaan adalah segala sesuatu yang dilakukan oleh manusia sebagai hasil pemikiran dan akal budinya. Sastra adalah bahasa berseni yang muluk-muluk, susunan kata yang menarik, yang menggugah rasa keindahan dan rasa haru. Sedangkan Kesusastraan adalah segala hal yang bersangkut paut dengan karya sastra

Hubungan ilmu kebudayaan dengan kesusastraan adalah satra sebagai salah satu bentuk komunikasi manusia.Sastra sangat dipengaruhi oleh dinamika yang terjadi karena budaya. Dengan kata lain, budaya yang ada di sekeliling kesusastraan tersebut akan  berpengaruh dalam menentukan face (Wajah) dari Kesusastraan itu sendiri.

Dalam konsep kebudayaan dapat dimaknai sebagai  suatu fenomena , sehingga makna kebudayaan lebih banyak dicermati sebagai keseluruhan sebuah sistem gagasan atau ide suatu tindakan dan hasil karya manusia dalam rangka bersosialisasi dalam hidup bermasyarakat. Karenanya tingkah laku manusia sebagai bagian dari masyarakat akan berhubungan oleh kebudayaan yang terlihat wujudnya dalam berbagai bentuk nyata yang berfungsi sebagai alat kontrol bagi tingkah laku manusia.

Hubungan kesusastraan dan kebudayaan. Ada yang mengatakan sastra itu merupakan bagian dari kebudayaan, tetapi ada pula yang mengatakan bahwa sastra dan kebudayaan merupakan dua hal yang berbeda, namun mempunyai hubungan yang sangat berkaitan, sehingga tidak dapat dipisahkan. Ada yang mengatakan bahwa sastra sangat dipengaruhi kebudayaan, sehingga segala hal yang ada dalam kebudayaan akan tercermin di dalam sastra. Sebaliknya, ada juga yang mengatakan bahwa sastra sangat dipengaruhi kebudayaan dan cara berpikir manusia.

Dengan demikian hubungan kesustraan dan kebudayaan seperti sesuatu yang berkaitan dan berhubungan, dua fenomena antara sastra dan budaya sangat erat sekali bagaikan dua sisi mata uang yang berbeda gambar tetapi tetap dalam satu tempat yang bila salah satunya tidak ada maka uang tersebut tidak akan bermanfaat, karena sisi yang satu sebagai sistem kesastraan dan sisi yang lain sebagai sistem kebudayaan yang pada dasarnya saling menigisi dalam satu tempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar