Kamis, 21 Oktober 2010

Ilmu Budaya Dasar (Softskill)

Manusia Dan Cinta Kasih

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), Manusia adalah mahluk ciptaan Tuhan / Allah yang tertinggi derajatnya, yang mempunyai akal untuk berpikir dan memiliki bahasa sebagai alat komunuikasi antar sesama. Kata Cinta artinya kasih sayang yang besar sekali dan keinginan untuk memilikinya. Kata Kasih artinya perasaan cinta dan sayang.

Sedangkan Cinta Kasih artinya kasih sayang. Dengan demikian arti cinta dan kasih hampir bersamaan, sehingga kata kasih memperkuat rasa cinta. Karena itu cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka atau sayang kepada seseorang atau memeberikan rasa belas kasih kepada seseorang juga.

Walaupun cinta kasih mengandung arti  yang hampir sama, namun terdapat perbedaan juga antara keduanya. Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya perasaan apa yang dirasakan, sedangkan kasih lebih kepada pada kata lain yang juga bersumber dari cinta yang mendalam dan kasih dapat diwujudkan secara nyata.

Cinta memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia, sebab cinta merupakan dasar dalam kehidupan manusia dalam melakukan  suatu hubungan yang erat antar karena, cinta mengikat hati manusia yang satu dengan yang lainnya.

Manusia dan Cinta kasih adalah serangkaian bentuk yang berhubungan. Karena manusia memiliki perasaan dan dari perasaan itu muncul cinta, baik cinta yang menyedihkan maupun cinta yang membahagiakan. Banyak orang salah menafsirkan arti cinta karena cinta tersirat bukan tersurat. Maka dari itu, manusia suka salah dalam arti cinta.

Cinta adalah lima huruf yang memiliki seribu makana, karena bukan manusia yang memilih cinta. Tetapi cintalah yang memilih manusia dan jika manusia yang memilih cinta maka cinta akan datang saat manusia itu sendiri sedang bahagia. Tetapi fakta membuktikan tak jarang kita jumpai, cinta datang karena cinta ada saat tetesan air mata menetes. Maka, itulah yang dinamakan cinta yang memilih manusia bukan manusia yang memilih cinta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar