Kamis, 21 Oktober 2010

Ilmu Budaya Dasar (Softskill)

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Manusia dan kebudayaan sebenarnya mempunyai hubungan keterikatan yang tak terpisahkan. Setiap apa yang dilakukan manusia sebenanrya adalah suatu kebudayaan. Hanya saja ada tindakan yang tidak bersifat kebudayaan, seperti tindakan naluri. Tindakan kebudayaan misalnya tindakan proses belajar kebudayaan yaitu proses internalisasi, sosialisasi dan enkulturasi.
Hubungan antara manusia dengan kebudayaan juga dapat dilihat dari kedudukan manusia tersebut terhadap kebudayaan. Manusia mempunyai empat kedudukan terhadap kebudayaan yaitu sebagai:
1) penganut kebudayaan,
2) pembawa kebudayaan,
3) manipulator kebudayaan, dan
4) pencipta kebudayaan.
Kebudayaan membentuk manusia pada suatu persoalan, yaitu persoalan dalam memenuhi kebutuhannya sehari-hari atau persoalan dalam bersosialisasi dalam budaya yang sekarang ini sudah berkembang. Jika manusia tidak mempunyai rasa kecintaan terhadap budayanya masing-masing. Maka manusia akan terjebak dengan kebudayaan asing sehingga melupakan kebudayaan bangsa sendiri.
Hal yang dilakukan oleh manusia inilah kebudayaan. Kebudayaan yang digunakan manusia dalam menyelesaikan masalah-masalahnya bisa kita sebut sebagai way of life, yang digunakan individu sebagai pedoman dalam bertingkah laku. Bertingkah laku yang sesuai dengan kebudayaan kita sebagai bangsa Indonesia yang selalu ramah tamah, baik kepada sesama bangsa Indonesia maupun kepada bangsa lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar