Rabu, 30 November 2011

Internet Best Friend Psikologi (Softskill)







Allhamdulillah,, masih diberi kesempatan untuk menulis. Saya membuat artikel ini bukan sekedar tuntutan tugas, tetapi karena I like Writen. Sekarang saya mengambil judul internet best friend psikologi. Pertama jelas karena saya anak psikologi, tetapi alasan kedua saya membuat tulisan ini berdasarkan real situation. Dimana memang benar internet adalah sahabat semua pelajaran yang ada didunia. Why? Karena, dengan internet kita bisa melakukan segala sesuatunya dan belajar mendapatkan ilmu pengetahuan, bukan hanya dari Indonesian melainkan seluruh dunia. Karena internet bukan sekedar luar biasa tetapi sangat luar biasa kalau kita bisa menggunakannya dengan positif dan terarah.
Sebenarnya internet sangat banyak memberi kemudahan dalam pelajaran-pelajaran yang kita inginkan. Tetapi disini saya memperkecil lingkup internet. Seperti judul diatas, memang internet best friend (teman terbaik) semua bidang. Tetapi psikologi juga best friend segala aspek kehidupan. Jadi, apabila ilmu yang terbaik disatukan pasti akan menghasilkan sesuatu.
Dengan adanya internet, psikologi sangat terbantu sekali. Misalnya dengan internet kita nggak hanya bisa melakukan konsultasi dengan bertemu langsung dan bertatap muka. Karena dengan memanfaatkan internet kita bisa membuat situs konselling online dimana kita tetap membantu mencarikan solusi melalui chatting dengan YM (Yahoo Messanger), tetap dapat uang (bisa ditransfer), dan menghemat waktu. Kalau memang dibutuhkan bertatap muka, tampa harus bertemu pun kita tetap bisa bertatap muka, baik dengan video conference atau Webcam (singkatan dari web camera) adalah sebutan bagi kamera real-time (keadaan sekarang) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui program instant messaging, atau aplikasi video call.
Banyak manfaat menggunakan webcam yaitu di antaranya kita dapat langsung bertatap muka dengan lawan bicara kita di komputer yang berbeda dan kita juga bissa mengetahui aktivitas lawan bicara kita itu di komputer pada saat itu juga. Sebenarnya, fungsi web cam ini lebih mirip kepada pesan segera atau bertatap muka secara langsung . Anda hanya perlu menambah video digital ke dalam sambungan Internet yang tersedia untuk melihat teman anda di lokasi yang lain.
Dampak psikologis dari penggunaan internet sebenarnya dalam kasus ini, hanya kurangnya hubungan silahturahmi yang sudah termakan oleh jaman dan tekhnologi. Maka dari itu apabila kita bisa sharing secara langsung, why not? Karena pada dasarnya akan lebih baik jika kita bertemu langsung. Karena chemistery yang dirasakan akan lebih menjadi berarti. Karena energy yang ditampilkan klien akan memunculkan aura yang hanya bisa kita lihat secara live akan lebih sempurna ketimbang melalui video call, webcamp, atau apapun, karena tetap pada dasarnya energy yang dirasakan akan berbeda bila kita berada ditempat yang sama. Paling dampaknya kita jadi kurang bisa mempresentasikan keadaan yang dialami klien konselling dengan kurang sempurna (dalam arti lebih baik).
Tetapi bukan hanya internet yang menjadi best friend segala bidang, tetapi psikologi juga karena dengan mempelajari psikologi kita bisa belajar attitude, dimana saat kita didunia maya seperti internet ini kesan pertama dalam kita bertutur kata adalah yang pertama dinilai saat melakukan chatting di internet ini. Dengan pelajaran psikologi ini juga baik dari cara orang menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kita ajukan, kita juga bisa melihat karakter orang tersebut tampa kita sadari. Jadi, dapat disimpulkan internet is the best friend all fields and psychology is the best friend of all aspects of life ( internet adalalah teman terbaik dalam semua bidang dan psikologi adalah teman terbaik dalam semua aspek kehidupan).
Sekian yang dapat saya tulis untuk tugas softskill ini, kurang lebihnya mohon maaf, dan terimakasih.

1 komentar: