Rabu, 23 Oktober 2013

Arsitektur Komputer
 & Struktur Kognitif Manusia

A.       Definisi Arsitektur Komputer dan Struktur Kognisi Manusia
Arsitektur komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya). Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Sedangkan Struktur kognisi manusia merupakan bagian atau komponen yang terstruktur dalam otak manusia yang memberi pengetahuan berdasarkan sistem, skema, adaptasi, asimilasi dan akomodasi yang membentuk suatu kematangan dan pengalaman otak dalam menjalankan kehidupan sosial bagi seorang manusia. Mempunyai struktur yang sangat kompleks.
Kaitan antara struktur manusia dan arsitektur computer adalah struktur manusia intinya adalah komponen otak manusia yang terstruktur yang member pengetahuan sedangkan arsitektur komputer intinya adalah rencana dan gambaran fungsional dari hardwere komputer jadi dengan otak manusia makan akan terciptalah hardwere yang semakin canggih. Maka dari itu struktur kognisi manusia sangat berkaitan dengan arsitektur komputer.
Adapun kelebihan dan kelemahan arsitektur komputer dibandingkan struktur kognisi manusia, yaitu :
Kelebihan struktur kognisi manusia :
-          Struktur kognisi lebih sistematis atau tersusun sehingga terorganisir.
-          Banyak memberi motivasi dalam terjadinya proses belajar mengajar.
-          Memaksimalkan kerja otak atau mind shet manusia dalam berfikir dan bertindak.
Kelebihan dan kekurangan arsitektur komputer :
-          Kelebihan : kecepatan dan kelebihan processor yang memiliki lebih dari satu dan bisa digunakan oleh banyak pengguna,
-          Kekurangan : harga yang tidak terjangkau, ukuran dan tenaga listrik yang diperlukan cukup besar dan kerjanya sangat lama.
B.           Contoh Kasus dan Analisa
Di setiap perkuliahan terdapat tugas-tugas dimana mahasiswa secara aktif mempresentasikan tugas dan analisanya tentang suatu materi melalui In-Focus. Untuk proses belajar semua mahasiswa biasanya mempunyai tugas tersebut dengan menggunakan komputer lalu dibuat dengan Ms. powerpoint dan dipresentasikan didepan kelas. Sedangkan di dalam sistem komputer tersebut, terdapat arsitektur komputer yang menjalankan perintah-perintah untuk menampilkan materi yang ingin disampaikan kepada semua mahasiswa dikelas. Untuk menciptakan program diatas dibutuhkan struktur kognisi manusia yang berkembang dan telah dilatih dalam hal sistem komputer dan struktur computer agar materi tersebut dapat dilihat oleh mahasiswa dikelas.
Menurut analisa saya, dari contoh kasus diatas maka dapat kita simpulkan bahwa arsitektur komputer membutuhkan adanya struktur kognisi manusia agar apa yang manusia design untuk manusia lainnya dapat tersalurkan dengan adanya arsitektur computer. Karena arsitektur komputer adalah adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dalam sebuah sistem computer yang pada dasarnya dibuat manusia untuk mempermudah manusia itu sendiri.


Daftar Pustaka :
Maryanto, dkk.(2007).Teknologi Informasi dan Komunikasi. Solo : Tiara Prima Media
Notohadiprawiryo, Y. (2006). Sistem informasi: Pengertian dan kepentingannya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar