Senin, 02 April 2012

Psikologi : "Psikopat" (Kesehatan Mental - Softskill)

Psikologi adalah jurusan yang saya pilih,,
Psikopat adalah tulisan yang saya ingin buat,,

Psikopat itu apa sih? Ada yang ingin tahu..
Psikopat adalah istilah yang digunakan untuk orang-orang yang secara kronik (terus-menerus) menunjukan perilaku immoral dan anti sosial. Oleh karena itu kadang juga digunakan istilah sosiopat.

Psikopat biasanya tahu perilakunya memalukan dan merusak atau merugikan orang lain, tetapi kadang dia tidak peduli atau tidak dapat menahan diri untuk melakukannya. Ketidakpeduliannya itu disebabkan karena pada dasarnya para psikopat memang mengalami kelainan kepribadian.

Perilaku psikopat biasanya :
·         Agresif
·         Kriminal
·         Seksual
·         Perilaku sosial

Dalam terminology psikoanalisis Freud :
Psikopat adalah orang yang Egonya terlalu dikuasai Id dan Super ego tidak ada wibawa atau pengaruh sama sekali terhadap ego.

Prognosis (masa depan) psikopat pada umumnya tidak bagus, mungkin pada awalnya dia akan berhasil mempengaruhi beberapa orang yang menjadi pengikutnya, karena berlainan dengan pendapat awam (bahwa psikopat selalu ganas dan menyakitkan), psikopat juga bisa tampil dengan sangat menawan. Dia pandai berbicara sehingga cepat mendapat kepercayaan dari orang lain (korban-korban psikopat biasanya tertipu oleh penampilan ini).

Tetapi kadang, karena perbuatan immoral adan antisosialnya terus-menurus dilakukan, maka makin lama psikopat akan makin terisolasi dari lingkungannya, diberhentikan dari pekerjaan, dsb. Sehingga akhirnya, ia jatuh dalam kesendirian dan kemiskinan.

Psikopat perlu psikoterapi atau hypnoterapi
-       Psikoterapi adalah upaya intervensi oleh psikoterapis agar kliennya bisa mengatasi persoalannya. Metode psikoterapi adalah waawancara tatap muka perorangan, tetapi dalam praktiknya banyak variasi teknik psikoterapi, tergantung masalah yang sedang dihadapi klien dan teori dasar masalah tersebut.

Tujuannya : untuk mengembalikan keadaan kejiwaan klien yang terganggu (mulai dari masalah ringan sampai gangguan mental berat, seperti psikopat ini juga bisa) agar berfungsi secara optimal sehingga klien merasa dirinya lebih sehat secara mental.

-       Hypnoterapi adalah upaya psikiater dengan tehnik hipnotis untuk menurunkan amabang kesadaran dan mengsugesti pasien agar sembuh total dengan cara instant. Tetapi bila pengaruh sugesti menghilang, maka akan kambuh lagi.

-       Ada kolabarasi seni hypnosis timur barat (salah satu cara untuk klien psikopat).
Hypnosis adalah seni mempengaruhi dengan memanfaatkan sugesti klien. Kolaborasi timur dengan barat maksudnya, biasanya bangsa barat lebih mengedepankan rasio dan logika. Proses tersebut dapat dilakukan sepanjang seorang terapis mengetahui titik sugestinya (keyakinan spiritual yang dimilikinya). Sedangkan bangsa timur lebih mengedepankan emosisaat berada dalam rasa spiritual dan sosial budaya itu sendiri.

Jadi apabila proses barat dengan timur digabungkan, maka pasien psikopat akan lebih cepat sembuh. Karena baik secara pikiran (akal), rasio, logika (logis) dikolaborasikan dengan emosi (perasaan) yang langsung kejiwa spiritualnya maka akan cepat dalam pemulihan sang pasien psikopat.


DAFTAR PUSTAKA
-       Sarlito W. Sarwono. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta : Rajawali Pers.
-       Hisyam A. Fachri. 2008. The Real Art Of Hypnosis. Jakarta : Gagas media.

1 komentar:

  1. bagus tulisannya kk,, lumayan buat tambah pengetahuan,, ininkaya kasus rian jombang.. :D

    BalasHapus