Sabtu, 17 Maret 2012

Kepribadian Sehat itu Apa? (Kesehatan Mental-Softskill)


Jelaskan Mengenai Kepribadian Sehat itu apa!
          Memiliki kepribadian yang sehat itu lebih cenderung kepada keshatan secara mental. Karena banyak orang yang cacat fisik tetapi berkepribadian sangat sehat. Berkepribadian yang sehat itu berperilaku yang baik dalam artian normal bukan abnormal. Karena proses psikis manusia sangat mempengaruhi perilaku seseorang yang menentukan sehat atau tidaknya kepribadian seseorang tersebut. Tetapi dibawah ini para ahli atau tokoh menuangkan pikiran secara teori mengenai model kepribadian yang sehat itu seperti apa, agar kita lebih jelas baca ulasan berikut ini.
Ahli-ahli psikologi pertumbuhan telah memiliki suatu pandangan yang segar terhadap kodrat manusia. Hal yang dapat kita capai pada tingkat pengetahuan kita ini adalah meneliti konsepsi-konsepsi tentang kesehatan psikologis dikaitkan dengan konsepsi-konsepsi diri kita. Sehingga kita dapat membicarakan teori mengenai model kepribadian sehat yang telah dikemukakan oleh para ahli. Konsep kepribadian yang sehat adalah konsep penggambaran topik yang mencakup kepribadian manusia itu sendiri.
·         Menurut Allport
Kepribadian yang sehat itu adalah seorang manusia yang sudah matang. Konsep diri (sekf) merupakan bagian yang penting dalam membicarakan kepribadian yang sehat. Baik jasmani maupun rohani. Pribadi yang sehat mempunyai kesadaran akan jasmani dan rohani, identitas diri (sebuah nama yang menjadi lambang kehidupan seseorang), harga diri (perasaan bangga seseorang), perluasan diri (menyadari adanya orang lain dan benda-benda dalam lingkungannya), gambaran diri (rangkaian gambaran dari interaksi-interaksi diri terhadap orang lain), diri sebagai pelaku rasional.
Seseorang yang berkepribadian sehat sangat dipengaruhi oleh orang tua khususnya ibu, karena jika dari kecil seorang anak sudah disuruh mengerti tentang adanya konflik-konflik yang orang dewasa ciptakan maka dalam membentuk kosep pribadi yang normal atau sehat diperlukan pembentukan yang sehat dari kecil hingga dewasa.
·         Menurt Rogers
Pribadi yang sehat itu apabila seseorang sudah berfungsi sepenuhnya. Maksudnya adalah seseorang harus bersandar pada pengalamannya sendiri tentang dunia karena hanya itulah kenyataan yang dapat diketahui oleh seorang individu itu sendiri. Karena kepribadian yang sehat itu bukan merupakan suatu keadaan dari ada melainkan proses, suatu arah bukan tujuan. Seseorang yan berfungsi sepenuhnya adalah orang yang terbuka pada pengalaman, kehidupan eksistensial (dirakan keberadaanya), kepercayaan terhadap organisme orang (perasaan organismik, jalan masuknya informasi yang ada dalam situasi membuat keputusan), perasaan bebas, dan berkreasi.
·         Menurut Fromm
Pribadi yang sehat bisa menunjukan suatu sikap umum atau segi pandangan yang meliputi semua segi kehidupan, baik dari respon-respon intelektual, emosional, dan sensoris terhadap orang-orang, benda-benda, dan peristiwa-peristiwa didunia dan juga terhadap diri kita sendiri.
·         Menurut Maslow
Pribadi yang sehat bisa mengamati realitas secara efisien (mengamati objek-objek dan orang didunia sekitar secara objektif bukan subjektif), penerimaan umum atas kodrat, orang lain dan diri sendiri, spontanitas, kesederhanaan dan kewajaran, fokus terhadap masalah-masalah diluar diri mereka, kebutuhan akan privasi dan independensi, berfungsi secara otonom (berfungsi terhadap lingkungan sosial dan fisik), apsresiasi, pengalaman-pengalaman mistik atau puncak (pengaktualisasian diri terhadap ekstase, bahagia, terpesona dll.), minat sosial, hubungan antar pribadi, struktur watak demokratis, perbedaan antara sarana baik dan buruk, selera humor, kreativitas dan resistensi terhadap inkulturasi.
·         Menurut Fankl
Pribadi yang sehat yang mempunyai eksistensi. Frankl percaya hakikat eksistensi terdiri dari spiritualitas, kebebasan dan tanggung jawab. Meskipus spiritualitas dipengaruhi dunia material, namun ia tidak disebabkan atau dihasilkan oleh dunia material itu. Mungkin bisa diartikan sebagai roj dan jiwa.
Jadi menurut saya pribadi yang sehat menurut persepsi saya adalah apabila seseorang dibentuk dari kecil sudah baik dan sehat maka setelah besar nanti ia akan menjadi pribadi yang sehat. Tetapi karena dalam pembentukan seseorang mempunyai kepribadian yang sehat dipengaruhi faktor eksternal bukan hanya internal saja. Maka, faktor lingkungan juga sangat berpengaruh. Bila digabungkan dari 5 tokoh yang saya ulas, maka bila ciri kepribadian sehat dari masing-masing tokoh digabung. Itu bisa menjawab pertanyaan mengenai kepribadian sehat itu apa. Punya pendapat lain tentang pribadi yang sehat, komen aja langsung. Ditunggu saran dan kritiknya ya..



Daftar Pustaka
1.    Duane Schultz. 1991. Psikologi Pertumbuhan (Model-Model Kepribadian Sehat). Yogyakarta : Kanisius.
2.    Kholil Rochman Lur. 2010. Kesehatan Mental. Purwokerto : Fajar Media Press.

8 komentar:

  1. pengen nulis yang keren kaya kamu..

    BalasHapus
  2. terimakasih,, terinspirasi.. bagus deh

    BalasHapus
  3. you're welcome.. ditunggu tulisan berikutnya!

    BalasHapus
  4. jd nggak enak,, tulisan w aja pake ditungu segala.. jd seneng..

    BalasHapus
  5. iiiwwww ooowww kerenn sekali dini ...
    tetap semangat yaa menjalankan tgasnya

    haaaaaa :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan ke GRannya,, sampe merah mukanya..hehehe

      temenya ka dinny pake segala blg keren.. tambah terbang deh..hahaha

      Hapus
    2. bwt maria magda : thankyou bgt.. nggak usah pake keren sekali takut kegran.. selalu semangat walaupun klo mentok frustasi jg.. u jg semangatnya!

      Hapus
    3. bwt Tyas_jelek : hanya orang yang mengerti seni dan tulisan yang komersil yang bisa bilang keren sekali.. kan loe juga bilang keren walaupun nggak pake sekali.. tetapi kan loe jd terinspirasi..hehehe

      Hapus